Last Minute Posts

29 April 2010 aRi isTiadi

Hai Semuanya,sudah lama saya tidak update posting di blog inikarena beberapa bulan terakhir ini saya sedang mengikuti PKL (Pendidikan Kerja Lapangan)Di salah satu Perusahaan Mobil Autobody Manufactur yang terkenal dan Posisi saya saat itu pada bagian I.T,Jadi saya Tidak sempat untuk update di blog ini.
Tapi tenang saja,karena di sana saya mendapatkan banyak ilmu yang sangat banyak dan bermanfaat yang nantinya saya akan berbagi kepada teman teman

Nah kali ini saya akan membahas tentang Memperbaiki Mouse yang rusak
Pernah kah anda mengalami saat dimana kita sedang asik asik bermain komputer, tiba tiba mouse yang anda gunakan langsung mati seketika atau kadang kadang gerak kadang kadang mati. kalau anda sedang melakukan penghematan tidak salahnya untuk coba memperbaikinya

nah mari kita coba sama sama memperbaikinya
alat alat yang perlu di sediakan alat pokoknya
(kalau gak ada bisa pinjem tetangga atau teman)

  • Obeng
  • Solder
  • Timah Solder
  • Bila di perlukan tambah:
  • Cuter
  • Obeng
  • Kabel Mouse(Portnya Terserah mau USB atau PS/2)
  • Amperemeter
  • Segelas Kopi Atau Teh biar gak BeTe(klo yang ngerokok Tambah Rokoknya sebungkus)

sebelum memulai jangan lupa untuk memanaskan soldernya

  1. Pertama Buka CASE/CASING dari mouse tersebut
  2. Kedua Lepaskan PCB yang ada di dalam Mouse dan copot Konektor antara Kabel Dengan PCB mouse
  3. Ketiga ambil Cuter lalu Potong ujung Konektor dari kabel mouse tersebut
  4. Setelah itu kupas kabelnya dengan cuter,terus kan ada banyak warna kabelnya Nah warna kabel kabelnya itu langsung kita pasang pada PCB Mousenya harus sesuai dengan urutan warna kabel yang sebelumnya
  5. (oia jangan lupa untuk melepas Konektor yang ada pada PCB mouse) lalu Solder ujung ujung Kabel mouse CASE atau CASING mousenya jangan di pasang dulu
  6. setelah selesai di solder Tancapkan mouse tersebut di Konektor Mouse CPU RESTART komputer Coba anda gerak gerakan mouse anda apabila Pointer bergerak berarti Mouse anda Sudah bisa di Pakai lagi pasang Kembali CASE atau CASING mousenya

apabila mouse anda tidak bisa berjalan
-coba cek urutan kabelnya
-Lihat apakah jalur kabel yang lain jangan sampai ada yang nyambung dengan jalur lain
-solderan pada ujung kabel sudah menempel pada lubangnya


kalau tidak bisa bergerak juga pointernya
saya sarankan di LEM.BI.RU saja
(LEMpar Beli yang baRU)

hehe

Selamat Mencoba...





PERHATIAN..!Bagi Anda Yang Ingin Copy Paste Artikel Saya Harap Mencantumkan Sumbernya
Terima Kasih

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

38 komentar:

(maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
kebetulan masih ada satu mouse yang rusak

Kalau tahu tutorial ini dari dulu, mungkin saya tidak perlu membuang mouse saya. Bisa menghemat.

Salam ukhuwah

wahh keren ini tutornya...
terimaksih banyak sobat...
berkunjung menjelang siang, selamat beraktifitas sobat n GD LCK :D

heheheheheh sob apa kabar kemana aja nih
makasih ya sob atas infonya

wedew.. kalo tau dari dulu mungkin saya gak beli mouse lagi :P

waaaaaaaa solder menyolder urusan cowo kayaknya...saya sih bagian lembiru ajaaa daaah... hehehe

wah,,, gawat mas!!! semua langkah-langkah sdah saya lakukan, berulang-ulang, tapi mouse saya kok gak bsa jalan juga? tutorial ini beneran gak sih?
bahkan langkah terakhir juga udak saya lakuin, tapi kok gak jalan juga. dari pagi smpe sore mouse sy tetp gk mau jalan juga, padahl saya dh capek nunggu didepan rmah... eh si Mouse masih gak mau jalan,, he he he bercanda

blogger kayak gini yang aku suka,. Insan Inovatif...
salam kenal mas, blogger baru nih, mohon dibimbing ya!!!eh plus follow n pasng link

salam sobat
trims sharingnya
saya jadi tahu cara memperbaiki mouse yang rusak.
trims kunjungannya ke S.A mas Is.

Wah... mantap nih...
Saya Juga suka bener2in sesuatu... Belajar SEO

mantab pak.. :)
kalo scroll-nya yang gak berfungsi gimana solusinya? :)

waduh...telat nih tipsnya,coba dari dulu2 udah baca..mungkin belum ganti mouse nih sekarang...

Salam kenal Sob. . . . tukeran link yuks . .

salam kenal bro..
http://bisnispalingmudah.blogspot.com/p/bisnis-unik.html

Sudahkah anda temukan bahwa internet bisa membuat anda kaya, terkenal, dan membantu anda berkreasi, menyebarkan kebaikan, berita, informasi dan lain-lain?


Taukah anda bahwa banyak orang yang sudah mulai menyadari bahwa internet bisa memberikan anda uang hingga 10juta/bulan bahkan lebih.



Namun banyak orang yang terjerumus dan akhirnya tersesat dalam bisnis internet yang salah..

dikarenakan mereka masih awam dan akhirnya ikut bisnis ebook cepat kaya, smart machine system, formula bisnis tipu menipu dan sejenisnya.. ( pernah saya bahas di website saya yang dulu yaitu mengenai ciri-ciri bisnis yang asli dan bisnis yang penipuan) intinya yang asli itu produknya jelas dan nyata barangnya, serta orangnya jujur.


tetapi banyak juga orang yang sudah berhasil di internet melalui bisnis yang benar dengan produk yang jelas..

bukan jualan produk kosong alias ebook yang isinya menyuruh anda untuk mengajak orang ikut afiliasi atau link anda (baca: menipu teman sendiri dan orang lain), jadi pada hakikatnya tidak ada produk yg dijual, produk ebook yg banyak dijual di internet hanya kedok belaka.


oke berikut ini mengapa orang yang berhasil di internet bukan dari bisnis ebook afiliasi tetapi dari bisnis yang memiliki produk nyata dan bermanfaat :

1. mereka berinovasi dan kreatif, tidak ikut-ikutan

2. mereka pionir atau orang yang pertama kali membangun bisnis kemudian diikuti oleh yg lain

3. mereka berbisnis dgn produk yg jelas dan nyata contoh : baju, celana, tas, sepatu, video, alat sulap, jasa, webdesign, barang unik, barang lucu, kursus bahasa, kursus sulap, peralatan sulap, video sulap, dll

4. mereka juga orang yang jujur

5. mempunyai alamat dan no.kontak yg bisa dihubungi.

Maksih sudah share "tips memperbaiki mouse"

sekebar tambahan,klo pake cara di atas trus mouse msh ga bisa jalan.mouse jgn langsng di lembiru. cz bisa dpke klo lain waktu mouse kita rusak. perlu di ingat,kerusakan pada mouse ga terjadi di kabelnya. kadang sering kita alami pada tombol kanan/kiri,ada jg di roda.ada jg tdk bs geser tp dpt d klik kanan,itu kerusakan pd optik. dari kerusakan2 trsbt kita dpt memanfaatkan dari mouse yg sudah tidak jalan. selamat bereksperimen..!!!!

hahahha.. kebetulan neh.. ada 3 ekor mouse ane yg surak eh rusak... bisa di coba euy.. thank info na bermangfaat

Yups ini harus di coba ya.. kebetulan ada 2 yg dah error nih

bisa gk kabel di potong di tengah kemudian di tambahin kabel. Sebenarnya mouse tidak rusak tp mau saya panjangkan saja. jd saya memotong kabel nya dan saya tambahkan dengan jenis kabel yg sama yg saya ambil dari mouse yg sudah rusak.

salam kenal :)
thanks bos infonya :)

oh ya ditunggu kunjungan balik di blog ane ya, sekalian tukeran link yuk :)

mouse rusak 99% dari IC nya, untuk kerusakan pada kabel, switch, led itu 1%. IC tidak kuat panas akhirnya mouse tidak bsa gerak waluapun lampu led nyala atau kursor tampil di monitor

tanks banget mas akhir nya gue bisa benerin mouse gue

kk klo yg kurang nyaman hanya pada scroll nya?
apa cukup di bersihkan saja, atau harus di perbaiki? jika jalannya scroll gk enak

mouse saya yg kabel ujung ke mousenya kontak2. gimana ya memperbaikinya?? kalo utk kepalanya bagus. tp kabelnya yg kontak2, mouse jd gak bs digunakan. apa kabelnya saya putus lalu disambung lagi?? krn saya fikir kabel didalmnya putus.
tlg jawabannya.. tq.. ^__^

gimana cara memperbaiki mouse yang tidak terdeteksi oleh pc

oky .......http://i242.photobucket.com/albums/ff196/rodadepan/white-dog-blue-nose-emoticons-2.gif

bos nanya.. apa urutan kabel mouse 1 dan yg laen'na sama?.. mohon di bantu.. karna saya lupa urutan kabel pada mouse saya... :@

mantap gan tutorialnya, kalo yang rusak scrolnya gimana cara memperbaikinya?
salam kabpemalang!

Oky juga nih Tifsnya, bisa nambah ilmu elektro ni......
matur terima kasih ya sob.....
salam sukses...... :|

oke terimakasih .... berhasil...

Bagus nih artikel, kebetulan mouse ku lagi bermasalah, mau langsung tek coba saja, makasih gan ilmunya

aha.....boleh juga tifnya...... kebetulan ada 4 mouse yang rusak. mau coba.. aaahh.
makasih, gan.......

insyaAlloh saya mau nyoba dulu, saya punya mouse 3 rusak semua, matur nuwun.

terima kasih tutorialnya jagan lupa mampir lagi di motogp unsri ac.id

Wow , Mungkin bisa di coba nie :)

lebih baik serahkan pada yang ahli. kalo cuma belajar tapi tak ditemani sang ahlinya bakalan ribet. bila sesuatu diserahkan pada yang bukan ahlinya maka tunggulah kehancurannya.

Klo mouse cept rusak knp ya mas?

Terima kasih atas informasinya izin shared buat belajar di rumah,kunjungi kami http://www.darmawanpark.com/

Kirimkan Komentar Anda

Mohon Komentarkan ketika anda selesai membaca

Bagi anda pengguna blog,harap pilih Name/URL
untuk memudahkan saya membacklink anda